Senin, 11 Mei 2015

manajemen strategik-facebook mengakuisisi whatsapp dan istagram

MANAJEMEN STRATEGY
Strategi Bisnis dan Multi Bisnis

url.jpg

Disusun Oleh :
Bernanda Widya Santoso       ( 20130420404 )
M. Yusuf Hidayat                   ( 20130420410 )
M. Fauzan Zunianto               ( 20130420427 )

Program Studi Akuntansi
Fakultas Ekonomi
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta



1.      Referensi
Facebook, Inc. adalah sebuah perusahaan Internet multinasional asal Amerika Serikat yang mengoperasikan situs web jejaring sosial Facebook. Perusahaan ini berkantor pusat di Menlo Park, California. Setelah dimiliki sepenuhnya oleh Mark Zuckerberg dan para pendiri lain, dan sahamnya sempat diperebutkan, Facebook akhirnya melakukan penawaran umum perdana pada tanggal 1 Februari 2012. Facebook Inc. mulai menjual sahamnya ke publik dan mulai diperdagangkan di NASDAQ tanggal 18 Mei 2012. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes.
Studi Compete.com bulan Januari 2009 menempatkan Facebook sebagai layanan jejaring sosial yang paling banyak digunakan menurut jumlah pengguna aktif bulanan di seluruh dunia. Entertainment Weekly menempatkannya di daftar "terbaik" akhir dasawarsa.\
Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh beberapa pihak administrasi universitas di Amerika Serikat dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.[16]
Perusahaan instagram
Instagram awal mulanya dibentuk oleh perusahaan Burb INC, perusahaan Burb INC adalah sebuah perusahaan yang mempunyai visi dan misi dalam membuat aplikasi untuk gadget. di awal mula terbentuknya perusahaan Burb INC, perusahaan itu hanya banyak melakukan pembuatan aplikasi untuk gadget.Instagram juga berawal dari Programmer dan sekaligus CEO nya yaitu Mike Krieger dan Kevin Systrom, mereka berdua merupakan salah satu atau salah dua orang terpenting di dalam berdirinya Instagram. Jika tidak ada mereka maka instagram pun tidak ada. Instagram didirikan bersama Burb INC di awal tahun 2010 sekitar di bulan januari. Setelah melewati masa 10 bulan setelah di buat Instagram mempunyai lebih dari 7 juta pengguna aktif ( Informasi ini saya dapatkan dari situs terpercaya ) .
Instagram berasal dari pengertian dari keseluruhan fungsi aplikasi ini. Kata "insta" berasal dari kata "instan", seperti kamera polaroid yang pada masanya lebih dikenal dengan sebutan "foto instan". Instagram juga dapat menampilkan foto-foto secara instan, seperti polaroid di dalam tampilannya. Sedangkan untuk kata "gram" berasal dari kata "telegram" yang cara kerjanya untuk mengirimkan informasi kepada orang lain dengan cepat. Sama halnya dengan Instagram yang dapat mengunggah foto dengan menggunakan jaringan Internet, sehingga informasi yang ingin disampaikan dapat diterima dengan cepat. Oleh karena itulah Instagram merupakan lakuran dari kata instan dan telegram.
Pada tanggal 9 April 2012, diumumkan bahwa Facebook setuju mengambil alih Instagram dengan nilai sekitar $1 miliar.
Perusahaan whatsapp
WhatsApp Inc didirikan pada tahun 2009 oleh dua orang pria bernama Brian Acton dan Jan Koum. Keduanya adalah mantan pekerja senior di raksasa online Yahoo.Keduanya sudah bekerja di Yahoo dalam waktu sekitar 20 tahun. Jan Koum yang awalnya punya ide menciptakan sebuah aplikasi yang bisa mem-broadcast status ketika seseorang tidak dapat dihubungi karena alasan tertentu.Koum pun mengajak Acton untuk bekerja sama dengannya. Jadilah kemudian mereka menciptakan perusahaan start up teknologi bernama WhatsApp Inc yang berlokasi di Santa Clara, California.Namun aplikasi broadcast status tersebut hanya menarik perhatian sedikit orang. Barulah ketika mereka mennambahkan fungsi messaging pada paruh kedua 2009, WhatsApp pun meledak.WhatsApp Inc kabarnya hanya mempekerjakan sekitar 20 orang. Di mana sebagian besar di antaranya adalah teknisi.Data terbaru pada bulan Agustus 2012, WhatsApp mengirimkan 10 miliar pesan per hari dari penggunanya di seluruh dunia. Padahal bulan April 2012, 'baru' 2 miliar pesan dikirimkan.
Akuisisi whatsapp oleh facebook
Facebook telah menyelesaikan proses akuisisi terhadap perusahaan layanan pesan instan WhatsApp pada Senin, 6 Oktober 2014. Pada akhir proses akuisisi, Facebook harus membayar US$ 22 miliar, naik US$ 3 miliar dari kesepakatan semula yang diteken pada Februari lalu. Kenaikan harga terjadi karena kenaikan saham Facebook. (Baca : Gara-gara Zuckerberg, Iran Akan Larang WhatsApp)
Rencana pembelian WhatsApp oleh Facebook ini awalnya sempat diragukan karena pendapatan dari pesan layanan instan itu tak bisa diukur. Nilai transaksi awal adalah US$ 19 miliar dalam bentuk uang tunai dan saham. Namun setelah akuisisi, pengguna WhatsApp melonjak dari 500 juta menjadi 600 juta pengguna aktif.
Meski memiliki pengguna yang amat banyak, Federal Trade Commision mengingatkan Facebook bahwa mereka tidak bisa sembarangan menggunakan data pengguna WhatsApp untuk beriklan. Hal ini disepakati oleh Koum dan Zuckerberg.
WhatsApp menyediakan layanan gratis pada tahun berikutnya. Mulai tahun kedua, pengguna WhatsApp diwajibkan membayar 99 sen dolar setiap tahun
Akuisisi instagram oleh faceboo
Facebook baru saja mengumumkan akuisisi terhadap Instagram senilai 1 miliar dollar AS (lebih dari Rp 9 triliun) dalam bentuk tunai dan saham
"Ini merupakan perjalanan penting bagi Facebook karena untuk pertama kalinya kami mengambil alih produk dan perusahaan dengan pengguna yang begitu banyak," kata pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg dalam pernyataan resminya, Senin (9/4/2012).
Instagram yang menyediakan aplikasi untuk mengedit foto dengan beragam pilihan filter dan efek kemudian hasilnya dibagikan dalam jejaring sosial sangat populer di kalangan pengguna smartphone saat ini.
Sejak dirilis Januari 2011, Instagram yang awalnya hanya tersedia untuk platform iOS, iPhone, telah berhasil menarik minat sekitar 50 juta pengguna.
Jumlah pengguna terus berlipat sejak Instagram juga tersedia untuk platform Android minggu lalu dengan pertambahan pengguna mencapai 1 juta pengguna setiap 24 jam.
Meski telah dikuasai penuh, Mark tidak berencana langsung menggabungkan Instagram secara khusus  ke Facebook. Pengembangan Instagram tetap akan dilakukan secara independen.
"Kami sepenuhnya sadar untuk menjaga dan membangun kekuatan dan fitur Instagram daripada sekadar mencoba mengintegrasikan segalanya ke Facebook," ujar Mark.
Mark menekankan bahwa Facebook dan Instagram sama-sama menyediakan pengalaman terbaik untuk berbagi foto sehingga keduanya bisa saling melengkapi. Facebook membuat gebrakan baru dengan menggelontorkan USD1 Miliar untuk mengakuisisi Instagram, meski aplikasi itu tidak menghasilkan banyak uang. Raksasa jejaring sosial itu  membuat keputusan yang berhasil menarik banyak perhatian dengan membeli salah satu aplikasi smartphone terpanas saat ini.
Sebagai salah satu aplikasi berbagi foto populer, Instagram tidak membebankan biaya untuk layanannya tersebut dan tidak memiliki sumber penghasilan. Jadi apa untunganya bagi Facebook?
2.      Tujuan dan strategi multi bisnis yang diterapkan oleh facebook dalam mengakuisisi Instagram dan whatsaap.
TUJUAN FACEBOOK MENGAKUISISI WHATSAPP
Sebagai sebuah perusahaan yang terus berkembang, untuk itu facebook ingin mempercepat layanan messaging ke cakupan yang lebih luas lagi, maka dari itu Facebook membeli WhatsApp.
Yang kedua, Facebook perlu melengkapi basis data pengguna jejaring sosialnya. Hampir semua informasi sudah "diumbar" oleh ratusan juta pengguna Facebook tetapi ada satu jenis yang jarang dikeluarkan, yaitu nomor telepon. Oleh karena itu dengan membeli WhatsApp yang tentu saja menyimpan 450 juta nomor telepon penggunanya, Facebook dapat mensinkronisasikan dengan basis data yang sudah dimilikinya.
TUJUAN FACEBOOK MENGAKUISISI INSTAGRAM
1. Facebook bergerak menuju ancaman terbesar: Diungkapkan Nicholas Carlson dariBusiness Insider, pesaing terbesar Facebook bukanlah sesama raksasa teknologi seperti Google dan Twitter. Daya tarik utama Facebook adalah memungkinkan pengguna untuk berbagi foto, tapi jejaring sosial buknalah tempat termudah untuk berbagi foto dari teman dan keluarga melalui ponsel.

Dalam hal ini, bisa dibilang Instagram 'membunuh' Facebook dan tentunya jejaring sosial itu tidak akan membiarkan perlawanan yang terlalu lama. Bahkan kata Lauri Segall dari CNN, mungkin Facebook akan 'membunuh' Instagram. Meski begitu, CEO Facebook, Mark Zuckerberg menegaskan bahwa Instagram akan berdiri sendiri.

2. Facebook butuh cara untuk masuk ke pasar smartphone:  Menurut teori lain, dikatakan Evelyn M. Rusli dari New York Times, Facebook tidak akan 'membunuh' Instagram saat ini dan membuat pembelian itu menjadikannya pemain tangguh di arena smartphone.

3. Persaingan Facebook dan Yahoo: Bruce Upbin di Forbes mengatakan pecundang terbesar dalam kesepakatan akuisisi Instagram ini adalah Yahoo dengan situs berbagi foto milikinya, Flickr. Facebook hanya mendefinisikan kembali tempatnya di pasar berbagi foto, seperti halnya yang dilakukan Google dengan membeli YouTube.

4. Penguatan sebelum Initial Public Offering (IPO): Kata Douglas MacMillan di Bloomberg, Facebook sedang memperkuat IPO-nya sebelum penjualan saham pertamam yang diharapkan dapat meraup USD5 Miliar dalam beberapa pekan. Selanjutnya, Facebook baru saja membuktikan pada investor bahwa pihaknya memilki jangka panjang dengan menunjukkan kemampuan untuk menarik angka penawaran yang besar.

STRATEGI MULTI BISNIS YANG DITERAPKAN
Strategi bertumbuh yang dipilih perusahaan facebook pada saat ini umumnya adalah integrasi horisontal. Yaitu terus bertumbuh melalui perluasan bisnisnya saat ini, dengan masih mempertahankan struktur produk-pasar yang sama dengan saat ini yaitu jejaring soasial. Hal tersebut dapat dilakukan dengan melakukan perluasan geografis, dari satu wilayah ke wilayah lain, bahkan dari skop lokal menjadi internasional bahkan global. Selanjutnya, perluasan wilayah biasanya diikuti dengan perluasan produk dan perluasan pasar. Seperti yang dilakukan facebook yaitu mengakuisisi Instagram dan juga WhatApp.
3.      Analisis tujuan dan strategi multi bisnis facebook dengan mengggunakan alat analisis :
a.       Strategi generic
Perusahaan facebook dalam mengakuisisi whatsaap dan istagram menggunakan strategi fokus. Yaitu facebook lebih berfokus kepada kemampuan perusahaan facebook memenuhi keinginan pelanggannya dengan jalan media sosial. Media sosial merupakan hal yang melatarbelakangi berdirinya perusahaan facebook. Facebook telah mempunyai cukup waktu dalam hal memberikan jasa media sosial kepada para konsumennya. Dengan facebook mengakuisisi whatsaap dan instagram, facebook mengharapkan pangsa pasar perusahaan facebook semakin meningkat. Ini karena whatsaap dan instagram juga merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan media sosial. Dengan facebook mengakuisisi kedua perusahaan tersebut, kemampuan facebook untuk memberikan jasa media sosial akan semakin bertambah. Ini karena facebook, whatsaap dan instagram merupakan perusahaan yang bergerak di bidang media sosial dengan penggunaan yang berbeda-beda sehingga diharapkan mampu memenuhi keinginan konsumen.
b.      Strategi utama

Perusahaan facebook menggunakan strategi kesetabilan dalam hal strategi utamanya. Ini dikarenakan facebook berada di matriks cash cow yang mana facebook mempunyai market size yang tinggi, namun tidak diimbangi dengan pertumbuhan yang signifikan. Dengan perusahaan facebook mengakuisisi whatsaap dan instagram, facebook dapat mensetabilkan pertumbuhan mereka. Dengan tidak adanya pertumbuhan dari dalam perusahaan facebook, facebook mengharapkan dengan facebook mengakuisisi kedua perusahaan tersebut, facebook bisa menaikkan pertumbuhan perusahaan mereka, dan diimbangi dengan bertambahnya market size yang berasal dari whatsaap dan instagram. Dengan pertumbuhan dan market size yang meningkat, facebook mengharapkan bahwa perusahaan facebook bisa berada di sisi bintang dan bisa terus stabil dalam jangka waktu yang panjang.

c.       Diversifikasi untuk membangun nilai.

Dalam diversifikasi untuk membangun nilai, perusahaan lebih berfokus untuk melakukan strategi fokus berkesinambungan yang stabil. Dengan perusahaan facebook mengakuisisi perusahaan whatsaapp dan instagram, facebook telah berfokus pada penyediaan jasa media sosial yang berkesinambungan. Dan dengan manajemen facebook yang baik yang masuk ke dalam perusahaan whatsaap dan instagram, perusahaan facebook mengharapkan adanya pertumbuhan yang stabil dari ketiga perushaan tersebut. Dan juga dengan facebook memperluas pangsa pasarnya, maka nilai bagi perusahaan facebook akan meningkat di mata konsumen karena konsumen akan melihat kesungguhan facebook untuk memuaskan keinginan konsumen.


d.      Matriks pertumbuhan pasar BCG.
Dalam matriks pertumbuhan pasar BCG, facebook berada pada tingkat cash cow, yaitu dengan market share yang tinggi namun mempunyai pertumbuhan perusahaan yang cenderung lambat. Perusahaan whatsaap sebelum diakuisisi oleh facebook berada di golongan tanda tanya. Yaitu kondisi dimana whatsaap mempunyai market share yang rendah namun memiliki pertumbuhan yang sangat tinggi. Sedangkan perusahaan instagram berada di kategori anjing yaitu dengan tingkat market share yang rendah namun tidak diimbangi dengan pertumbuhan perusahaan yang tinggi.
e.       Matriks daya tarik industry McKinsey
Dalam matriks daya tarik industry McKinsey, perusahaan facebook berada pada posisi selectivity, atau melakuan investasi secara selektif. Ini dikarenakan perusahaan facebook mengakuisisi instagram dan whatsapp dengan tujuan ubtuk berkonsentrasi dalam segmen pasar yang attractive, melindungi program kini, berkonsentrasi dalam berinvestasi yang mana mempunyai keuntungan yang bagus dan mempunyai resiko yang relatif lebih kecil, dan juga facebook mengharapkan akan mempunyai banyak cara untuk menanggulangi kelemahan yang ada di dalam perusahaan.
f.       Pendekatan Sinergi
Dalam pendekatan sinergi, perusahaan facebook lebih berfokus kepada bisnis-bisnis yang memiliki kebutuhan aktifitas yang sama. Yang dimaksudkan adalah dengan facebook mengakuisisi whatsaap dan instagram facebook dapat meraup keuntungan dalam hal pendaftaran. Konsumen yang memakai whatrsaap dan instagram akan lebih banyak yang login menggunakan akun facebook mereka sehingga dengan proses manajemen strategy yang bagus, perusahaan facebook dapat meningkatkan pendapatan mereka dari hal ini.
g.      Pendekatan peran perusahaan induk
                          i.      Ukuran dan umur perusahaan induk
Dengan whatsaap dan instagram diakuisisi oleh facebook, nama whatsaap dan instagram dalam waktu dekat akan bangkit menjadi lebih bagus karena perusahaan induk mereka mempunyai ukuran yang besar dan merupakan perusahaan yang sudah cukup lama berdiri.
                        ii.      Manajemen yang berkualitas.
Dengan menjadi anak perusahaan dari facebook, sehingga manajemen whatsaap dan instagram akan menjadi lebih baik karena dianaungi oleh perusahaan facebook yang mempunyai manajemen yang lebih berkualitas.

                      iii.      Kesalahan yang dapat diprediksi oleh perusahaan induk.
Apabila whatsaap dan instagram akan mengambil keputusan, maka didalamnya akan terdapat bagian dari pemikiran perusahaan facebook sehingga perusahaan facebook bisa memprediksi kesalahan yang akan diambil oleh anak perusahaannya dan melakukan langkah preventif atas hal tersebut.
                      iv.      Hubungan dengan bisnis lain
Facebook bukanlah sebuahh perusahaan baru, sehingga bisa dipastikan facebook mempunyai hubungan dengan bisnis lain yang lebih luas dibandingkan dengan anak perusahaannya. Ini dapat mengindikasikan bahwa whatsaap dan instagram bisa saja menggunakan hubungan tersebut dalam rangka memajukan bisnis mereka.
                        v.      Keahlian kusus

Dengan lebih berpengalamnnya facebook dalam melakukan sebuah bisnis maka bisa dipastikan bahwa facebook mempunyai berbagai keahlian khusus untuk menunjang pertumbuhan perusahaan mereka. Ini bisa menjadi peluang bagi anak perusahaannya untuk memajukan bisnisnya dengan mengambil manajer yang berkualitas yang memiliki keahlian khusus untuk menunjang pertumbuhan mereka.


Daftar Pustaka


Tidak ada komentar:

Posting Komentar