MANAJEMEN STRATEGY
Strategi Bisnis dan Multi Bisnis
Disusun Oleh :
Bernanda Widya Santoso (
20130420404 )
M. Yusuf Hidayat (
20130420410 )
M. Fauzan Zunianto (
20130420427 )
Program Studi Akuntansi
Fakultas Ekonomi
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
1.
Referensi
Facebook,
Inc. adalah sebuah perusahaan Internet multinasional asal Amerika Serikat yang
mengoperasikan situs web jejaring sosial Facebook.
Perusahaan ini berkantor pusat di Menlo Park, California.
Setelah dimiliki sepenuhnya oleh Mark
Zuckerberg dan para pendiri lain, dan sahamnya sempat
diperebutkan, Facebook akhirnya melakukan penawaran umum perdana pada
tanggal 1 Februari 2012.
Facebook Inc. mulai menjual sahamnya ke publik dan mulai diperdagangkan di NASDAQ tanggal
18 Mei 2012. Facebook didirikan oleh Mark
Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes.
Studi Compete.com bulan Januari 2009
menempatkan Facebook sebagai layanan jejaring sosial yang paling banyak
digunakan menurut jumlah pengguna aktif bulanan di seluruh dunia. Entertainment Weekly
menempatkannya di daftar "terbaik" akhir dasawarsa.\
Nama
layanan ini berasal dari nama buku yang
diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh beberapa pihak
administrasi universitas di Amerika Serikat dengan
tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap
orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.[16]
Perusahaan
instagram
Instagram
awal mulanya dibentuk oleh perusahaan Burb INC, perusahaan Burb INC adalah
sebuah perusahaan yang mempunyai visi dan misi dalam membuat aplikasi untuk
gadget. di awal mula terbentuknya perusahaan Burb INC, perusahaan itu hanya
banyak melakukan pembuatan aplikasi untuk gadget.Instagram juga berawal dari
Programmer dan sekaligus CEO nya yaitu Mike Krieger dan Kevin Systrom, mereka
berdua merupakan salah satu atau salah dua orang terpenting di dalam berdirinya
Instagram. Jika tidak ada mereka maka instagram pun tidak ada. Instagram
didirikan bersama Burb INC di awal tahun 2010 sekitar di bulan januari. Setelah
melewati masa 10 bulan setelah di buat Instagram mempunyai lebih dari 7 juta
pengguna aktif ( Informasi ini saya dapatkan dari situs terpercaya ) .
Instagram
berasal dari pengertian dari keseluruhan fungsi aplikasi ini. Kata
"insta" berasal dari kata "instan", seperti kamera polaroid yang
pada masanya lebih dikenal dengan sebutan "foto instan". Instagram
juga dapat menampilkan foto-foto secara instan, seperti polaroid di
dalam tampilannya. Sedangkan untuk kata "gram" berasal dari kata
"telegram"
yang cara kerjanya untuk mengirimkan informasi kepada orang lain dengan cepat.
Sama halnya dengan Instagram yang dapat mengunggah foto dengan menggunakan
jaringan Internet,
sehingga informasi yang ingin disampaikan dapat diterima dengan cepat. Oleh
karena itulah Instagram merupakan lakuran dari
kata instan dan telegram.
Pada
tanggal 9 April 2012, diumumkan bahwa Facebook setuju
mengambil alih Instagram dengan nilai sekitar $1 miliar.
Perusahaan
whatsapp
WhatsApp
Inc didirikan pada tahun 2009 oleh dua orang pria bernama Brian Acton dan Jan
Koum. Keduanya adalah mantan pekerja senior di raksasa online Yahoo.Keduanya
sudah bekerja di Yahoo dalam waktu sekitar 20 tahun. Jan Koum yang awalnya
punya ide menciptakan sebuah aplikasi yang bisa mem-broadcast status ketika
seseorang tidak dapat dihubungi karena alasan tertentu.Koum pun mengajak Acton
untuk bekerja sama dengannya. Jadilah kemudian mereka menciptakan perusahaan
start up teknologi bernama WhatsApp Inc yang berlokasi di Santa Clara,
California.Namun aplikasi broadcast status tersebut hanya menarik perhatian
sedikit orang. Barulah ketika mereka mennambahkan fungsi messaging pada paruh
kedua 2009, WhatsApp pun meledak.WhatsApp Inc kabarnya hanya mempekerjakan
sekitar 20 orang. Di mana sebagian besar di antaranya adalah teknisi.Data
terbaru pada bulan Agustus 2012, WhatsApp mengirimkan 10 miliar pesan per hari
dari penggunanya di seluruh dunia. Padahal bulan April 2012, 'baru' 2 miliar
pesan dikirimkan.
Akuisisi
whatsapp oleh facebook
Facebook
telah menyelesaikan proses akuisisi terhadap perusahaan layanan pesan instan
WhatsApp pada Senin, 6 Oktober 2014. Pada akhir proses akuisisi, Facebook harus
membayar US$ 22 miliar, naik US$ 3 miliar dari kesepakatan semula yang diteken
pada Februari lalu. Kenaikan harga terjadi karena kenaikan saham Facebook.
(Baca : Gara-gara
Zuckerberg, Iran Akan Larang WhatsApp)
Rencana
pembelian WhatsApp oleh Facebook ini awalnya sempat diragukan karena pendapatan
dari pesan layanan instan itu tak bisa diukur. Nilai transaksi awal adalah US$
19 miliar dalam bentuk uang tunai dan saham. Namun setelah akuisisi, pengguna
WhatsApp melonjak dari 500 juta menjadi 600 juta pengguna aktif.
Meski
memiliki pengguna yang amat banyak, Federal Trade Commision mengingatkan
Facebook bahwa mereka tidak bisa sembarangan menggunakan data pengguna WhatsApp
untuk beriklan. Hal ini disepakati oleh Koum dan Zuckerberg.
WhatsApp
menyediakan layanan gratis pada tahun berikutnya. Mulai tahun kedua, pengguna
WhatsApp diwajibkan membayar 99 sen dolar setiap tahun
Akuisisi
instagram oleh faceboo
Facebook
baru saja mengumumkan akuisisi terhadap Instagram senilai 1 miliar dollar AS
(lebih dari Rp 9 triliun) dalam bentuk tunai dan saham
"Ini
merupakan perjalanan penting bagi Facebook karena untuk pertama kalinya kami
mengambil alih produk dan perusahaan dengan pengguna yang begitu banyak,"
kata pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg dalam pernyataan resminya, Senin
(9/4/2012).
Instagram
yang menyediakan aplikasi untuk mengedit foto dengan beragam pilihan filter dan
efek kemudian hasilnya dibagikan dalam jejaring sosial sangat populer di
kalangan pengguna smartphone saat ini.
Sejak
dirilis Januari 2011, Instagram yang awalnya hanya tersedia untuk platform iOS,
iPhone, telah berhasil menarik minat sekitar 50 juta pengguna.
Jumlah
pengguna terus berlipat sejak Instagram juga tersedia untuk platform Android
minggu lalu dengan pertambahan pengguna mencapai 1 juta pengguna setiap 24 jam.
Meski
telah dikuasai penuh, Mark tidak berencana langsung menggabungkan Instagram
secara khusus ke Facebook. Pengembangan Instagram tetap akan dilakukan
secara independen.
"Kami
sepenuhnya sadar untuk menjaga dan membangun kekuatan dan fitur Instagram
daripada sekadar mencoba mengintegrasikan segalanya ke Facebook," ujar
Mark.
Mark
menekankan bahwa Facebook dan Instagram sama-sama menyediakan pengalaman
terbaik untuk berbagi foto sehingga keduanya bisa saling melengkapi. Facebook
membuat gebrakan baru dengan menggelontorkan USD1 Miliar untuk mengakuisisi Instagram, meski
aplikasi itu tidak menghasilkan banyak uang. Raksasa jejaring sosial itu
membuat keputusan yang berhasil menarik banyak perhatian dengan membeli salah
satu aplikasi smartphone terpanas saat ini.
Sebagai
salah satu aplikasi berbagi foto populer, Instagram tidak membebankan biaya
untuk layanannya tersebut dan tidak memiliki sumber penghasilan. Jadi apa
untunganya bagi Facebook?
2.
Tujuan dan strategi multi bisnis yang diterapkan oleh facebook
dalam mengakuisisi Instagram dan whatsaap.
TUJUAN FACEBOOK MENGAKUISISI
WHATSAPP
Sebagai
sebuah perusahaan yang terus berkembang, untuk itu facebook ingin mempercepat
layanan messaging ke cakupan yang lebih luas lagi, maka dari itu
Facebook membeli WhatsApp.
Yang
kedua, Facebook perlu melengkapi basis data pengguna jejaring sosialnya. Hampir
semua informasi sudah "diumbar" oleh ratusan juta pengguna Facebook
tetapi ada satu jenis yang jarang dikeluarkan, yaitu nomor telepon. Oleh karena itu dengan
membeli WhatsApp yang tentu saja menyimpan 450 juta nomor telepon penggunanya,
Facebook dapat mensinkronisasikan dengan basis data yang sudah dimilikinya.
TUJUAN FACEBOOK MENGAKUISISI INSTAGRAM
1. Facebook
bergerak menuju ancaman terbesar: Diungkapkan Nicholas Carlson dariBusiness
Insider, pesaing terbesar Facebook bukanlah sesama raksasa teknologi
seperti Google dan Twitter. Daya tarik utama Facebook adalah memungkinkan
pengguna untuk berbagi foto, tapi jejaring sosial buknalah tempat termudah
untuk berbagi foto dari teman dan keluarga melalui ponsel.
Dalam hal ini, bisa dibilang Instagram 'membunuh' Facebook dan tentunya jejaring sosial itu tidak akan membiarkan perlawanan yang terlalu lama. Bahkan kata Lauri Segall dari CNN, mungkin Facebook akan 'membunuh' Instagram. Meski begitu, CEO Facebook, Mark Zuckerberg menegaskan bahwa Instagram akan berdiri sendiri.
Dalam hal ini, bisa dibilang Instagram 'membunuh' Facebook dan tentunya jejaring sosial itu tidak akan membiarkan perlawanan yang terlalu lama. Bahkan kata Lauri Segall dari CNN, mungkin Facebook akan 'membunuh' Instagram. Meski begitu, CEO Facebook, Mark Zuckerberg menegaskan bahwa Instagram akan berdiri sendiri.
2. Facebook butuh cara untuk masuk ke pasar smartphone: Menurut teori lain, dikatakan Evelyn M. Rusli dari New York Times, Facebook tidak akan 'membunuh' Instagram saat ini dan membuat pembelian itu menjadikannya pemain tangguh di arena smartphone.
3. Persaingan Facebook dan Yahoo: Bruce Upbin di Forbes mengatakan pecundang terbesar dalam kesepakatan akuisisi Instagram ini adalah Yahoo dengan situs berbagi foto milikinya, Flickr. Facebook hanya mendefinisikan kembali tempatnya di pasar berbagi foto, seperti halnya yang dilakukan Google dengan membeli YouTube.
4. Penguatan sebelum Initial Public Offering (IPO): Kata Douglas MacMillan di Bloomberg, Facebook sedang memperkuat IPO-nya sebelum penjualan saham pertamam yang diharapkan dapat meraup USD5 Miliar dalam beberapa pekan. Selanjutnya, Facebook baru saja membuktikan pada investor bahwa pihaknya memilki jangka panjang dengan menunjukkan kemampuan untuk menarik angka penawaran yang besar.
STRATEGI MULTI BISNIS YANG DITERAPKAN
Strategi bertumbuh yang dipilih
perusahaan facebook pada saat ini umumnya adalah integrasi
horisontal. Yaitu terus bertumbuh melalui perluasan bisnisnya
saat ini, dengan masih mempertahankan struktur produk-pasar yang sama dengan
saat ini yaitu jejaring soasial. Hal tersebut dapat dilakukan dengan melakukan
perluasan geografis, dari satu wilayah ke wilayah lain, bahkan dari skop lokal
menjadi internasional bahkan global. Selanjutnya, perluasan wilayah biasanya
diikuti dengan perluasan produk dan perluasan pasar. Seperti yang dilakukan
facebook yaitu mengakuisisi Instagram dan juga WhatApp.
3.
Analisis
tujuan dan strategi multi bisnis facebook dengan mengggunakan alat analisis :
a.
Strategi
generic
Perusahaan facebook dalam
mengakuisisi whatsaap dan istagram menggunakan strategi fokus. Yaitu facebook
lebih berfokus kepada kemampuan perusahaan facebook memenuhi keinginan
pelanggannya dengan jalan media sosial. Media sosial merupakan hal yang
melatarbelakangi berdirinya perusahaan facebook. Facebook telah mempunyai cukup
waktu dalam hal memberikan jasa media sosial kepada para konsumennya. Dengan
facebook mengakuisisi whatsaap dan instagram, facebook mengharapkan pangsa
pasar perusahaan facebook semakin meningkat. Ini karena whatsaap dan instagram
juga merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan media sosial.
Dengan facebook mengakuisisi kedua perusahaan tersebut, kemampuan facebook
untuk memberikan jasa media sosial akan semakin bertambah. Ini karena facebook,
whatsaap dan instagram merupakan perusahaan yang bergerak di bidang media
sosial dengan penggunaan yang berbeda-beda sehingga diharapkan mampu memenuhi
keinginan konsumen.
b.
Strategi
utama
Perusahaan facebook menggunakan strategi kesetabilan dalam hal
strategi utamanya. Ini dikarenakan facebook berada di matriks cash cow yang
mana facebook mempunyai market size yang tinggi, namun tidak diimbangi dengan
pertumbuhan yang signifikan. Dengan perusahaan facebook mengakuisisi whatsaap
dan instagram, facebook dapat mensetabilkan pertumbuhan mereka. Dengan tidak
adanya pertumbuhan dari dalam perusahaan facebook, facebook mengharapkan dengan
facebook mengakuisisi kedua perusahaan tersebut, facebook bisa menaikkan
pertumbuhan perusahaan mereka, dan diimbangi dengan bertambahnya market size
yang berasal dari whatsaap dan instagram. Dengan pertumbuhan dan market size
yang meningkat, facebook mengharapkan bahwa perusahaan facebook bisa berada di
sisi bintang dan bisa terus stabil dalam jangka waktu yang panjang.
c.
Diversifikasi
untuk membangun nilai.
Dalam diversifikasi untuk membangun nilai, perusahaan lebih
berfokus untuk melakukan strategi fokus berkesinambungan yang stabil. Dengan
perusahaan facebook mengakuisisi perusahaan whatsaapp dan instagram, facebook
telah berfokus pada penyediaan jasa media sosial yang berkesinambungan. Dan
dengan manajemen facebook yang baik yang masuk ke dalam perusahaan whatsaap dan
instagram, perusahaan facebook mengharapkan adanya pertumbuhan yang stabil dari
ketiga perushaan tersebut. Dan juga dengan facebook memperluas pangsa pasarnya,
maka nilai bagi perusahaan facebook akan meningkat di mata konsumen karena
konsumen akan melihat kesungguhan facebook untuk memuaskan keinginan konsumen.
d.
Matriks
pertumbuhan pasar BCG.
Dalam matriks pertumbuhan pasar BCG,
facebook berada pada tingkat cash cow, yaitu dengan market share yang tinggi
namun mempunyai pertumbuhan perusahaan yang cenderung lambat. Perusahaan
whatsaap sebelum diakuisisi oleh facebook berada di golongan tanda tanya. Yaitu
kondisi dimana whatsaap mempunyai market share yang rendah namun memiliki
pertumbuhan yang sangat tinggi. Sedangkan perusahaan instagram berada di
kategori anjing yaitu dengan tingkat market share yang rendah namun tidak
diimbangi dengan pertumbuhan perusahaan yang tinggi.
e.
Matriks
daya tarik industry McKinsey
Dalam matriks daya tarik industry
McKinsey, perusahaan facebook berada pada posisi selectivity, atau melakuan
investasi secara selektif. Ini dikarenakan perusahaan facebook mengakuisisi
instagram dan whatsapp dengan tujuan ubtuk berkonsentrasi dalam segmen pasar
yang attractive, melindungi program kini, berkonsentrasi dalam berinvestasi
yang mana mempunyai keuntungan yang bagus dan mempunyai resiko yang relatif
lebih kecil, dan juga facebook mengharapkan akan mempunyai banyak cara untuk
menanggulangi kelemahan yang ada di dalam perusahaan.
f.
Pendekatan
Sinergi
Dalam pendekatan sinergi, perusahaan
facebook lebih berfokus kepada bisnis-bisnis yang memiliki kebutuhan aktifitas
yang sama. Yang dimaksudkan adalah dengan facebook mengakuisisi whatsaap dan
instagram facebook dapat meraup keuntungan dalam hal pendaftaran. Konsumen yang
memakai whatrsaap dan instagram akan lebih banyak yang login menggunakan akun
facebook mereka sehingga dengan proses manajemen strategy yang bagus,
perusahaan facebook dapat meningkatkan pendapatan mereka dari hal ini.
g.
Pendekatan
peran perusahaan induk
i.
Ukuran
dan umur perusahaan induk
Dengan whatsaap dan instagram diakuisisi oleh facebook, nama
whatsaap dan instagram dalam waktu dekat akan bangkit menjadi lebih bagus
karena perusahaan induk mereka mempunyai ukuran yang besar dan merupakan
perusahaan yang sudah cukup lama berdiri.
ii.
Manajemen
yang berkualitas.
Dengan menjadi anak perusahaan dari facebook, sehingga manajemen
whatsaap dan instagram akan menjadi lebih baik karena dianaungi oleh perusahaan
facebook yang mempunyai manajemen yang lebih berkualitas.
iii.
Kesalahan
yang dapat diprediksi oleh perusahaan induk.
Apabila whatsaap dan instagram akan mengambil keputusan, maka
didalamnya akan terdapat bagian dari pemikiran perusahaan facebook sehingga
perusahaan facebook bisa memprediksi kesalahan yang akan diambil oleh anak
perusahaannya dan melakukan langkah preventif atas hal tersebut.
iv.
Hubungan
dengan bisnis lain
Facebook bukanlah sebuahh perusahaan baru, sehingga bisa dipastikan
facebook mempunyai hubungan dengan bisnis lain yang lebih luas dibandingkan
dengan anak perusahaannya. Ini dapat mengindikasikan bahwa whatsaap dan
instagram bisa saja menggunakan hubungan tersebut dalam rangka memajukan bisnis
mereka.
v.
Keahlian
kusus
Dengan lebih
berpengalamnnya facebook dalam melakukan sebuah bisnis maka bisa dipastikan
bahwa facebook mempunyai berbagai keahlian khusus untuk menunjang pertumbuhan
perusahaan mereka. Ini bisa menjadi peluang bagi anak perusahaannya untuk
memajukan bisnisnya dengan mengambil manajer yang berkualitas yang memiliki
keahlian khusus untuk menunjang pertumbuhan mereka.
Daftar Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar